Jumat, 17 Juni 2016

7 contoh pimpinan menurut adat jambi



GentaNews - Jambi, indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya akan keragaman adat istiadat dan budaya serta suku bangsa dan bahasa, yang mana hal itu tentu juga akan mempengaruhi pola pikir dan pola kepemimpinan, di bawah ini adalah 7 contoh karakter Pimpinan menurut adat jambi :

1.  Pimpinan di ujung tanjung :
Ialah pimpinan yang suka memgambil muko, berdusta dan berdiri diatas bangkai kawan, bila terjadi sesuatu ia menghinda, Tapi manakala telah selesai, ia tanpa malu-malu menampilkan diri sebagai pahlawan.

2.  Pimpinan ayam gedang :
Ialah pimpinan yang suka menonjolkan diri dari tuahnya, padahal ia sebenarnya tak ubah seperti seekor ayam yang berkotek, tapi tidak bertelur, gedang bungkus tapi iadak berisi, elok bungkus pengikat kurang.

3.  Pimpinan Buluh bamboo :
Ialah pimpinan yang nampak elok dari luar, tapi didalam tidak berisi, penampilan menyakinkan, tapi ilmu dak punyo, namum hilir mudik membanggakan diri, karena ia seorang pemimpin

4.  Pimpinan ketul-ketuk :
Ialah pimpinan yang baru akan bergerak, bila didesak anak buahnyo, bukan hanya ia pemalas, tetapi karena ia kurang Ilmu dan keberanian.

5.  Pimpinan Tupai tuo :
Ialah yang bersifat rendah diri, karena sifat rendah dirinya itu, maka sebagai pimpinan ia tak berani tampil ke depan dalam gelanggang yang lebih tinggi

6.  Pimpinan Busuk aring :
Ialah pimpinan yang berhati licik, halal dan Haram sama saja baginya, segala perbuatan yang busuk dilakukan, seperti melilit orang, korupsi dan tak segan-segan menjual kemenakan.

7.  Pimpinan pisak celano :
Ialah pimpinan yang suka kawin cerai, bila melihat perempuan cantik, hatinya tergiur dan sedapat usahanya, ia kan mengawini perempuan itu, kemudian menceraikannya dan mencari lagi yang baru..atau istri banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar